Typhus menyebalkan…..

Sekitar hampir dua bulan terakhir ini pasangan saya terbaring lemas di rumahnya karena terserang penyakit, setelah di periksa oleh dokter dan tes laboratorium ternyata pacar saya terjangkit TYPHUS…. :( ,…hiks …sedihnya duniaku tanpa pasanganku‚..yah,doakan yah supaya cepat sembuh . . .AMIN.berikut saya ingin berbagi sedikit informasi tentang typhus.

Gejala Typhus (Typhus abdominal atau typhoid fever) yang tergolong berat dan berbahaya. Gejala awalnya perlu dikenali sebelum terlambat diobati. Selain itu, Typhus kasus infeksi perut yang banyak di sini. Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam Typhus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari.

Pada paraTyphus – jenis Typhus yang lebih ringan – mungkin sesekali mengalami buang-buang air . Jika diperhatikan, lidah terlihat berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada Typhus, organ hati bisa membengkak seperti gejala hepatitis. Pada Typhus limpa juga membengkak.

Kuman Typhus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit Typhus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak Typhus bisa jebol, dan usus jadi bolong.

Ini komplikasi Typhus yang paling ditakuti. Komplikasi Typhus umumnya muncul pada minggu kedua demam. Yaitu jika mendadak suhu turun dan disangka sakitnya sudah menyembuh, namun denyut nadi meninggi, perut mulas melilit, dan pasien tampak sakit berat. Kondisi begini membutuhkan pertolongan gawat darurat, sebab isi usus yang tumpah ke rongga perut harus secepatnya dibersihkan. Untuk tahu benar kena Typhus harus periksa darah. Setelah minggu pertama demam tanda positif tipus baru muncul di darah (Uji Widal).

Jika tes Widal negatif padahal pasien menunjukkan gejala Typhus, tes perlu diulang sambil menunggu tes Gaal atau biakan kuman. Tanpa tes Widal diagnosis Typhus tidak bisa ditegakkan hanya dari pemeriksaan fisik dan melihat gejalanya semata. Penyakit Typhus mudah disembuhkan. Jika tak mempan obat konvensional golongan chloramphenicol, kini sudah ada beberapa generasi obat baru.

Haruskah Rawat Inap? Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhu turun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang. Waspadai jika buang air ada darahnya, tanda awal usus jebol, dan demamnya muncul lagi, dan kondisi pasien cepat menurun setelah sebelumnya tampak menyembuh. Typhus bisa kambuh. Tandanya, demam yang sama muncul lagi setelah mereda. Kemungkinan kuman tipusnya tersasar ke kandung empedu. Typhus begini biasanya lebih sukar disembuhkan. Sebagian dari kasus Typhus menjadi pembawa kuman Typhus.

Pembawa kuman ini berbahaya jika profesinya pramusaji atau orang yang kerjanya menyiapkan makanan dan minuman jajanan (food handler). Sekarang Typhus bisa dicegah dengan imunitas Typhus. Penyakit Typhus di Indonesia masih banyak. Mereka yang punya risiko tertular, ,tidak salahnya ikut vaksinasi.

Oleh karena itu, saya berharap setelah pembaca membaca ulasan ini, untuk lebih berhati – hati, menjaga pola makan, dan terhindar dari penyakit ini. Dan apabila salah satu dari pembaca, sanak saudara , atau sahabatnya yang terjangkit penyakit ini, disarankan untuk menghindari makanan pedas, asam, dan makanan yang yang menimbulkan gas untuk mencegah luka dan infeksi pada usus dan lambung.

informasi ini dikutip dari Tempo

Save the Earth, Care your Health

21 thoughts on “Typhus menyebalkan…..

  1. Terima kasih atas doanya. Pesan saya sebagai mantan penderita thypus adalah untuk slalu menjaga kebersihan makanan, mencuci tangan sebelum makan, memperhatikan gizi pada makanan dan menjaga pola makan sehat. Mengingat fase penyembuhan penyakit thypus tidak sebentar melainkan berbulan-bulan (karena saya didaulat untuk tidak makan pedas slama 6 bulan kedepan..hiks..apa rasanya dunia ini tanpa sambel?). Dan penyakit ini juga penyakit kambuhan. Sdikit melanggar pantangan makanan, cepat kambuhnya lagi. Jd ayank mesti jaga makanan yah..

  2. weew…. gue baru tau serem juga tuh thypus.
    seumur* gue kagak pernah di rawat rumah sakit jadinya agak* kurang aware ama yg namanya penyakit hihihihih

    klo belon tergeletak masih ayo aj huehehehehe

  3. thank infonya karena aku lagi mengalaminya sekarang..jadi gak bisa makan makanan kesekaann sedihnya..

    Semoga cepat sembuh yah . . . . bertahanlah menahan nafsu makanan kesukaan hohohoho . . . . .

  4. ehh tanya dong, kalo misalnya tipes udah 3 minggu trus langsung OR fisik sama makana nasi goreng dan roti bakal kambuh lagi gak ? lagi ngalamin nih..

    tergantung . . klo bikin sendiri sih its oke . . dan nasi gorengnya jangan pedes aja . . dan sesuai yg disaranin aja . sebaiknya jangan dulu jajan makanan di luar krn faktor higienisnya . . . :-)

    semoga bisa membantu . .

  5. info yang sangat bermanfaat sekaligus bikin serem kebetulan sekarang sedang mengalami. alhamdulillah ga sampe dirawat dirumah sakit cuma bedrest dirumah 10 hari.
    waktu kontrol, 1 minggu setelah periksa pertama kata dokter sudah boleh makan nasi ya meski sampe sekarang lauknya masih diusahakan rebusan (ampe bosen), setiap hari kekantor bawa bekal makann sendiri. tapi sudah dua minggu terakhir setiap akhir pekan kok badan mendadak demam lagi padahal hari – hari sebelumnya badan sudah terasa enak. dan yang bikin bingung setelah periksa di dua dokter pantangan makanan yang diberikan itu berbeda terutama buah, kan pasiennya jadi bingung…

    maaf yah klo menakutkan . . :( anyway . . yaaa . . . . masing – masing dokter dengan masing – masing diagnosa dan analisanya . . . atau mungkin si dokter juga memeriksa riwayat medis, mungkin ada alergi atau sejenisnya, tapi jalan aman untuk penderita typhus yaitu menjaga pola makan dan sesuai yang di sarankan di artikel ini hindari dulu makanan yang pedas – pedas dan yang menyebabkan gas lambung. . itu saja sih . . . ^_^ dan sebisa mungkin kurang jajan makanana di luar bukannya dilarang tapi pintar – pintar pilih menu makanan dan tempat makan . . . mudah – mudahan sudah sembuh yang . . . insya Allah jgn sampe kena typhus lagi . . amin . .

  6. thx atas infonya.cz.gw baru sembuh dari gejala tifes.
    =D

    thank juga yang yah buat komen dan kunjungannya ke website gw . . ^_~ . . cheers

  7. Makasih infonya, sekarang gw lg kena gejala typus, ada ga sih pantangan buah2an yg ga boleh dimakan? Barusan gw makan jeruk manis siey.. Tp kok perut gw jd perih gini ya.. Kwkwkwkwk…

    basically sih pantang terhadap makan atau buah bahkan minuman sih ga ad…cuma, disarankan untuk menghindari segala macam asupan makanan atau minuman yang asam atau yang menstimulasi gas pada lambung, apalagi yang pedas – pedas…itu aja sih… :)

  8. makasih infonya,
    aku skrg jdi lbih hati2 jajan di luar..
    tkut kambuh lgi cz biasanya aKu suka asal jajan.. tp ribet juga kalo ng boleh makan pedas.. huhu.. ng enak bgd rasanya..

  9. apa sih bedanya parathypi A,B,danC? Saya skrg sedang thypus, sudah 2 minggu. Hasil widal menunjukkan thypus O, parathypi B, BH dan Ch. Setelah 2 minggu, Dokter bilang sudah bisa aktifitas seperti biasa asal jaga makan, tapi kenyataannya saya hanya bisa berbaring lemas di rumah, mualnya ga tahaaan setiap hari. Plus koq setelah 2 minggu ini mulai terasa demam lagi tiap sore? Makanan selama ini hanya bubur, nasi tim, makanan berkuah, sedikit crackers. Saya jadi takut.

  10. @L.E.: mungkin saya bisa bantu untuk refensi kejelasannya di link ini http://en.wikipedia.org/wiki/Paratyphoid_fever di ssana di jabar detail nya parathypi A – C, untuk keluahan knp terasa demam tiap sore, memang seperti itu parathypus, mungkin kamu bisa baca ulang artikel d atas di paragraf ke – 2, untuk kenapa nya seperti itu, saya pribadi tidak tau pastinya krn saya bukan dokter . . . :) dan untuk makanan, sebenarnya yang paling di pantang, hanya 2 jenis makanan, makanan yang pedas, dan makanan yang menyebabkan gas lambung selebih nya silahkan di santap . . ^_^ tapi hati – hati . . . :) anyway, mohon maaf yah lama balesnya . .

    Semoga Cepat sembuh . .
    Thanks,

  11. Hi , saya positiv kena typus. 160 . Sdh hmpe 3. Minggunsaya minum obt anti biotik dri dokter..tp gk ada perubahan. Yg ada sya rsa mkn parah.rmbt saya dah mulai rontok.selera mkn bnr2 gk ada….tp knpa sya gk demam tinggi.demam saya biasa aja. Tp gk hilang2 ympr 3 bln…trus2 deman di mlm hari.

  12. Ciri-Ciri Titan Gel Asli Sebagai Berikut : Titan Gel Asli Buatan asli USA; Kemasan titan gel asli berbentuk botol scrup dan warna kemasan hitam Ke Abu-abuan; Titan Gel Asli Mempunyai kotak kerdus gambar mirip dalam kemasan botol Titan Gel. http://titan-gel-indonesia.com/#8 Brand from China: Moment OF Love. Color: H, Materials: Titanium steel, Size: A-Length:21.5+3.5cm B-Length:21+5cm C-Length:21.5+5.5cm E-Length:20.5+5.5cm F-Length:21.5+5.5cm G-Length:21+4.

  13. Likas na lumilitaw ang lahat ng mga sangkap na naitala. Karaniwang ginagamit ang puno ng Ginko Biloba sa Tsinong medisina sa loob ng napakaraming taon. Diumano’y pinapabuti nito ang cognitive function at pangunahing ginagamit upang pagbutihin ang mga level ng memorya at pansin. http://titangel-in-philippines.com/ Matagal na akong nagkakaproblema sa aking buhay sekswal. Mayroon akong problema sa pananatili ng aking ereksyon, at ako ay nakakaramdam ng pagkalungkot dahil hindi na ako kasing galing sa kama katulad noon.

  14. Ekstrakcja informacji Warszawa oferuje usługi przywracania dostępu do skasowanych danych po jakichkolwiek typach uszkodzeń nośników, jak: uszkodzenia logiczne typu problemy z partycją. Wejdź tutaj aby zapoznać się z informacjami dotyczącymi odzyskiwania danych

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>