Tips umum ketika beralih ke Mac dari Windows

PhotobucketArtikel ini saya buat bukan merupakan alasan untuk membuat orang beralih ke Mac, tetapi hanya sebagai upaya untuk membantu orang-orang yang menggunakannya, atau yang sedang mempertimbangkan hal tersebut. Tentu saja, semua Mac saat ini dijual dapat menjalankan program Windows dan Windows bersamaan dengan sistem operasi Mac. Tetapi panduan ini adalah untuk orang yang berminat menggunakan Mac terutama dengan Leopard, bukan Windows.

dock

Task Bar: Setara dengan Windows XP Task bar di Mac adalah Dock. Berbeda dengan Task Bar, yang menampilkan icon mewakili windows, Mac Dock menampilkan icon program yang paling sering digunakan. Untuk menempatkan sebuah program pada Dock, anda hanya menarik icon-nya ke dock. Untuk menghapusnya, Anda tinggal menarik keluar icon-nya dari bagian Dock dan menghilang dalam animasi asap mengepul.

menu bars

Menu Bars: Pada Windows, setiap program memiliki menu bar masing – masing di setiap program window yang berjalan. Pada Mac, hanya ada satu menu bar di bagian atas layar yang Dinamis / berubah, tergantung pada program / aplikasi yang Anda gunakan dan aktif.

start menu

Start Menu: Tidak ada menu Start pada Mac. Fungsinya dibagi antara Dock dan menu Apple (  ) di kiri atas layar Mac.

system preferences

Control Panel: Setara di Windows Control Panel disebut System Preferences, dan dapat diluncurkan baik dari Dock atau menu Apple (  ).

Keyboard shortcuts: Perintah umum keyboard pada Windows , seperti Control ( Ctrl ) + S untuk Simpan, Ctrl + P untuk Print, dan lain-lain, juga tersedia pada Mac. Namun, pada Mac, mereka menggunakan tombol Command, yang di beri simbol cloverlike ( ⌘ ) atau logo Apple (  ) pada keyboard Mac, misalnya, Command ( ⌘ atau  ) + S   pada keyboard Mac untuk Simpan dan Command ( ⌘ atau  ) + P  untuk Print.

quit program

Quitting programs: Dalam Windows, Anda dapat keluar dari program dengan mengklik merah “X” dalam kotak di sudut kanan atas window atau dengan menekan kombinasi tombol Alt + F4 pada program yang sedang anda aktif. Tetapi pada Mac, jika Anda mengklik tombol setara – merah “X” di dalam lingkaran di sudut kiri atas – Akan tetapi, Anda hanya menutup window aplikasi, tidak Berhenti dari program aplikasi. Untuk menghentikan aplikasi tersebut, Anda harus memilih salah satu pilihan teknik berikut ini untuk berhenti dari aplikasi, yaitu dengan memilih menu bar sebelah kiri atas yang sesuai dengan nama aplikasi yang sedang berjalan dan aktif pada saat itu ( INGAT!! bukan menu Apple (  ), tapi menu Aplikasi yang sedang berjalan ), seperti pada gambar contoh di atas untuk menghentikan aplikasi “Word”, yaitu  dengan memilih menu “Word” lalu pilih “Quit Word” atau menekan Command ( ⌘ ) + Q bersamaan pada keyboard Mac.

maximize

Maximizing windows: Bila Anda klik pada tombol biru maximize pada Windows XP, jendela yang sedang Anda lihat menempati seluruh layar. Dalam Leopard, dengan tombol – lingkaran hijau di kiri atas – bertambah kecil atau besar dari ukuran window ke ukuran yang dianggap optimal untuk isinya, yang tidak selalu seluruh layar / fullscreen.

command + tab

Switching programs: Salah satu cara umum untuk beralih di antara program yang sedang dijalankan di Windows XP adalah dengan menekan Alt + Tab bersamaan. Teknik ini akan menampilkan icon setiap program / aplikasi yang bejalan saat itu  dan memungkinkan Anda untuk beralih di antara mereka. Pada Mac, trik yang sama dapat dilakukan dengan menekan tombol Command ( ⌘ ) + Tab bersama-sama. Mac juga memiliki fitur yang disebut Exposé, yang menampilkan setiap window sekaligus, dalam bentuk miniatur, sehingga Anda dapat menavigasi di antara mereka. Anda dapat menjalankan Exposé dalam beberapa cara, tetapi yang paling umum adalah dengan menekan tombol F9 baik atau tombol Exposé pilihan anda , tergantung pada model Mac Anda.

right click

Right-clicking: Mac memiliki menu fungsi-klik kanan, seperti halnya Windows. Kebanyakan desktop Mac sekarang datang dengan mouse yang memungkinkan kanan, dan Anda dapat menggunakan hampir semua mouse USB dua tombol dengan Mac modern. Jika Anda menggunakan laptop Mac, yang hanya memiliki satu tombol di bawah trackpad, Anda dapat mensimulasikan sebuah klik kanan baik menekan Control ( ^ ) saat Anda mengklik tombol, atau dengan meletakkan dua jari pada saat mengklik trackpad. Teknik yang kedua, sebaiknya, terlebih dahulu akan di setting dalam System Preferences.

screen

Screen: Gambar desktop dan screen saver pada Mac diatur melalui System Preferences bernama Desktop & Screen Saver. Resolusi layar diatur pada Displays System Preferences. Dalam Windows XP, semua hal-hal ini termasuk dalam Display control panel.

3 thoughts on “Tips umum ketika beralih ke Mac dari Windows

  1. Pingback: Suhendi Bryant Blog » Get many Mac games and more………

  2. Makasih banyak ayank….ini berguna banget buat aku…hari ini pc aku ganti dr windows ke mac….aku mesti hrs belajar banyak ma kamu soal mac…hiks…hiks….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>